dany kurniawan

Just another blog.ugm.ac.id weblog

Ekstensi file….

April 3rd, 2009 · 1 Comment
Sistem operasi

Ekstensi file

Dalam dunia perkomputeran banyak sekali jenis-jenis file dengan bermacam-macam ekstensi file. Sebelum lebih jauh lagi, apakah ekstensi file itu? Mencoba menjelaskan, ekstensi dari suatu file adalah sebagian informasi tentang berkas digital, jadi ekstensi file merupakan salah satu dari metadata yang menjelaskan informasi tentang file (data fisik dari file itu). Dalam metadata, selain informasi file ekstensi juga terdapat berbaggai informasi lainnya seperti, informasi nama file (*.pdf ; *= nama file; .pdf = ekstensi file), size file; lokasi penyimpanan file, tanggal file dibuat (created), tanggal file terakhir dimodifikasi (modified), tanggal terakhir file diakses (access), dan masih banyak lagi informasi fisik tentang suatu file (jika ingin tahu lebih lengkap, silakan klik kanan file yang akan anda ketahui pilih properties, pilih details). Dan jika saudara-saudara tertarik ingin mempelajari lebih jauh tentang metadata, belajarlah kepada ahlinya (anda pasti tahu tokoh yang sering bongkar-bongkar metadata khususnya file foto-foto artis yang menghebohkan dunia pergosipan artis-artis nasional).

Ekstensi file ini sangat penting karena berhubungan dengan registry yang menentukan dengan software/aplikasi yang tepat untuk membuka file tersebut (dalam properties file diberithukan informasi Open with, yang memberitahukan aplikasi yang tepat untuk membuka file tersebut). Namun kadang informasi ekstensi tidak ditampilkan, hal ini untuk menghindari kesalahan dalam merename suatu nama file, jika ekstensi diubah (file .jpg diubah .doc), yang terjadi file itu akan dibaca oleh Microsoft office, dan tentu saja tidak keluar informasi yang tersimpan. Untuk memunculkan ekstensi file lakukan setting pada Folder Option. Terkadang ekstensi file ini dapat juga digunakan untuk menyamarkan file rahasia dengan sederhana, yaitu dengan cara mengubah ekstensi file dan untuk lebih menyempurnakan samaran sesuaikan dengan ekstensi kebanyakan file dalam satu folder, karena icon file tentu mengikuti ekstensi file. Ulah usil virus terkadang juga tidak mengizinkan anda untuk mengakses Folder Option, sehingga anda perlu memperbaikinya. Lihatlah di system registry apakah ada settingan-setinggan gubahan yang aneh? (HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\CurrentVersion\

Eksplorer\Advanced\Folder\).

Dan yang sering terjadi jika kita tidak waspada terhadap kejadian penyusupan virus, file-file itu sering dijadikan sasaran tembak virus-virus untuk mempertahankan kehidupan virus tersebut. Yaitu dengan cara menyembunyikan file asli dan menampilkan file “palsu” (file virus itu sendiri, misalnya file *.doc berubah menjadi *.exe). dan yang terjadi ketika kita membuka file tersebut, kita tidak bias membuka file itu atau malah tampil tapi kode-kode aneh yang terbaca. Jika terjadi demikian virus telah bersemayam di komputer anda.

Jika menilik macam-macam ekstensi file ternyata buanyak sekali, saya hanya akan membahas beberapa ekstensi file yang banyak tersimpan diharddisk komputerku, yaitu .JPEG(Joint Photographic Experts Group), file berekstensi ini banyak ditemukan dihardisk komputer saya, yang adalah file simpanan hasil jepretan kamera digital yang bersedia kumiliki dengan tebusan uang yang lumayan. Jadi yang saya tahu tentang file ekstensi ini adalah file yang menyimpan informasi foto hasil jepretan/gambar untuk dapat dibuka pada system OS baru, setahu saya .JPEG ini tidak dapat dibuka di Windows 98 sebelum diubah ke .JPG. .JPG ini mirip dengan .JPEG hanya saja .JPG nama file lama (*.JPEG belum dikenal oleh Windows 98, namun jika diubah *.JPG maka windows 98 juga bisa membacanya)

Dan untuk ekstensi video saja dikenal banyak ekstensi file seperti .3gp, .avi, .mp4, .divX, .mpg, .mov, dll. Yang saya tahu perbedaan diantara mereka adalah perbedaan resolusi, yang menentukan kualitas gambar/tampilan dan secara langsung berhubungan dengan besar file tersebut, semakin tinggi resolusi semakin besar ukuran file.

Untuk file kantoran ada .pdf (Portable Document Format) merupakan format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993, yang ditujukan untuk keperluan pertukaran dokumen digital, sehingga dapat digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Untuk software Acrobat 3-D, sudah mampu untuk menampilkan PDF dokumen tiga dimensi, .doc (Document text file) merupakan format berkas untuk document word, sedangkan .ppt (General file extension (PowerPoint) merupakan format berkas untuk power point. Hanya sebatas ini dulu yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

 Tagged: , , , ,



1 response so far ↓

Leave a Comment

Current ye@r *